Penyebab Kulit Sensitif

Tahukah kamu apa arti kulit sensitif? Kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi terhadap produk atau lingkungan tertentu.

Setiap orang memiliki pemicu reaksi kulit sensitif yang berbeda-beda. Ada yang kondisi kulitnya baik-baik saja saat terkena paparan polusi tapi rentan terhadap zat kimia tertentu. Ada juga yang kulitnya tidak bereaksi terhadap zat kimia tertentu tetapi bereaksi terhadap perubahan suhu yang ekstrem.

Pada dasarnya penyebab kulit sensitif adalah
1. Paparan sinar matahari dan polusi udara.
2. Perubahan suhu udara yang drastis dan terus menerus.
3. Udara yang terlalu dingin atau air yang terlalu panas.
4. Kurang istirahat dan terlalu banyak begadang.
5. Perubahan hormon pada masa menstruasi.
6. Tingkat stres yang tinggi.
7. Kulit kering atau kurang kelembapan.
8. Produk perawatan kulit yang mengandung pewangi, alkohol, dan etanol.

Selain penyebab di atas, terlalu sering mengganti produk perawatan kulit juga dapat menyebabkan kondisi kulit sensitif. Hal ini dikarenakan kulit sensitif akan berkasi terhadap bahan aktif tertentu dan dapat merusak pertahanan kulit. Menyebabkan kulit jadi rentan terhadap faktor-faktor di atas.

Untuk perawatan kulit sensitif, dianjurkan untuk menggunakan produk kulit tanpa tambahan wewangian, tanpa bahan aktif yang kuat seperti retinoid atau asam glikolat seta dengan bahan pengawet minimal. Pilih produk dengan formula lembut dan dibuat khusus untuk kulit sensitif.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser cocok untuk membersihkan kulit sensitif karena tidak mengandung busa berlebihan dan tambahan pewangi. Untuk pelembapnya dapat menggunakan Cetaphil Moisturizing Lotion yang ringan di kulit sensitif. Untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari dapat menggunakan Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50.

Walaupun demikian, pemicu kulit sensitif dapat berubah dengan cepat. Oleh karena itu, konsultasikan juga ke dokter kulit kepercayaan kamu untuk perawatan yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *