Pentingnya Kulit Lembap

Melembapkan kulit penting untuk menjaga agar lapisan kulit bagian luar tetap lembap dan terjaga dari kondisi yang menyebabkan kulit kering. Jika kondisi kulit kering akibat kurangnya kelembapan kulit dibiarkan terlalu lama, dapat terjadi gangguan kesehatan kulit dan munculnya tanda penuaan dini berupa kerutan. Hal ini tentu saja mengganggu fungsi kulit sebagai organ terbesar tubuh manusia dan penampilan kita.

Mengutip Whitney Bowe, ahli dermatologi asal New York, AS, dari situs web Good Housekeeping, Selasa (27/10/2015), “Peradangan kronis tingkat rendah terjadi ketika lapisan kulit epidermis bagian atas terganggu, seperti pada kulit kering, akan menyebabkan kerusakan kolagen sehingga mempercepat penuaan.” Kolagen adalah protein yang berfungsi menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Ketika elastisitas dan kekenyalan kulit berkurang, maka garis-garis halus yang ada pada wajah akan menjadi jelas dan berubah menjadi kerutan. Hal ini kemudian membuat penampilan kita seolah-olah lebih tua atau dengan kata lain mengalami penuaan dini.

Oleh karena itu, melembapkan kulit perlu dilakukan dengan tepat dan teratur. Hal pertama yang diperhatikan adalah memilih pelembap yang cocok untuk kulit kering, ataupun pelembap untuk kulit berminyak (sesuaikan dengan jenis kulit).

Pilih pelembap yang ringan dan tidak mengandung tambahan pewangi. Gunakan Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion atau Cetaphil Moisturizing Cream sebagai pelembap yang cocok untuk kulit kering. Kamu juga bisa menggunakan Cetaphil Moisturizing Lotion sebagai pelembap untuk kulit berminyak dan pelembap kulit berminyak sensitif.

Setelah memilih pelembap yang tepat, lakukan langkah melembapkan kulit segera setelah membersihkan kulit. Ulangi juga pemakaian pelembap sepanjang hari jika kulitmu sudah terasa kering. Cek juga informasi lebih lanjut tentang melembapkan kulit di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *