Artboard 1 copy 11

Pembersih dan Pelembab untuk Dermatitis Atopik

Eksim mengacu pada kondisi kulit yang menyebabkan kulit meradang, bengkak, iritasi, dan gatal. Salah satu jenis eksim yang sering terjadi adalah dermatitis atopik. Seperti kondisi atopik lain, misalnya asma dan rinitis alergi (hay fever), dermatitis atopik juga berkaitan dengan masalah genetik sehingga menyebabkan sawar kulit menjadi abnormal.

Faktanya, 85% pasien dengan dermatitis atopik memiliki onset sebelum usia 5 tahun. Selain pada anak-anak, eksim juga dapat terjadi pada orang dewasa. Gejala eksim bervariasi dan tidak sama pada setiap individu. Namun, yang seringkali dirasakan adalah gatal. Karena rasa gatal ini, anak-anak akan mencoba menggaruk untuk menghilangkannya. Sayangnya, menggaruk justru dapat memperburuk kondisi kulit. Pemicunya adalah iritan seperti sabun dan detergen, infeksi kulit, kontak dengan alergen, alergi makanan, dan inhalan. Salah satu jenis mikroba yang diketahui menjadi penyebab dermatitis atopik adalah Staphylococcus aureus.

“Gatal itu manusiawi, namun menggaruk merupakan hal yang berbeda,” ungkap Donna Marie Leelin-Sarrosa, MD, FPDS, dari Philipina, dalam Galderma Scientific Night yang digelar di Ritz Carlton

Hotel, Jakarta, 27 Februari 2015. Malam yang penuh keakraban tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Kelompok Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) yang diselenggarakan 27 Februari 2015 – 1 Maret 2105.

Menurut Fellow in Dermatology (FPDS), dengan subspesialis Pediatric Dermatology dan Laser Surgery ini, perawatan gatal dapat dilakukan dengan cara topikal, steroid/TCI untuk gatal inflamasi,

antihistamin, dan antidepresan dengan Doxepin (Soporific). Sayangnya, antihistamin memiliki beberapa efek samping, seperti efek obat tidur, gangguan tidur karena rasa gatal, alergi dermatografisme, serta alergi rhinoconjunctivitis.

Cochrane Database System Rev 2013 melaporkan belum ditemukannya bukti yang mendukung efikasi dan keamanan penggunaan antihistamin oral. Sementara, penggunaan sabun antibakteri belum cukup mencegah mikroba. Perawatan lain yang dapat dilakukan adalah bleach bath yang efektif mengurangi S. aureus dan penggunaan topical corticosteroids (TCS). Namun, harus diingat bahwa takaran bahan bleach bath harus diberikan dengan hati-hati. Selain itu, tongue blade/clean spoon juga harus digunakan untuk mencegah kontaminasi. Sementara, penggunaan TCS harus disertai edukasi untuk pasien, misalnya TCS bukanlah pelembab.

Strategi perawatan dermatitis atopik dapat dilakukan dengan cara bathing (mandi) dan moisturization (melembabkan). “Strategi ini dilakukan dengan menghilangkan beberapa bakteri dari kulit, lakukan eksfoliasi, hidrasi, dan aplikasikan pelembab setelah mandi,” jelas Donna Marie.

Pelembab dapat membantu memperbaiki sawar kulit dengan cara mengembalikan lipid kulit. Secara klinis, pelembab juga mampu meningkatkan kandungan air dalam stratum korneum, melembutkan permukaan kulit, mengembalikan mekanisme kulit, dan meningkatkan fungsi sawar kulit. Penggunaan skin restoring body wash dan skin restoring moisturizer diketahui dapat memperbaiki sawar dengan cara mengurangi Transepidermal Water Loss serta mampu meningkatkan hidrasi kulit. Bahan pembersih dan pelembab juga dapat ditoleransi dengan tingkat kepuasan tinggi pada bayi dan anak-anak.

Kriteria ideal pelembab haruslah aman. Artinya, tanpa penyerapan perkutan, bebas racun, tahan lama, dapat ditoleransi, dan tanpa efek samping seperti iritasi, alergi, serta folikulitis. Menurut Journal of Drugs and Dermatology 2013, perawatan dermatitis atopik difokuskan pada penggunaan pembersih dan pelembab spesifik yang menggabungkan Ceramide precursor, Filaggrin Degradation Products, dan eksipien yang ramah dengan sawar kulit. Bahan yang digunakan dalam pembersih dan pelembab spesifik tersebut adalah Pseudo Ceramide 5, Sunflower seed oil, Shea butter, Filaggrin, Niacinamide, dan Glycerin. Sedangkan tipe pelembab terdiri dari pelembab generasi terbaru, emolien, humektan, dan oklusi.

Pelembab dan sabun standar untuk tata laksana dermatitis atopik yang aman dan mudah digunakan tersebut dihadirkan oleh Galderma Production Canada Inc. dengan merek dagang Cetaphil® Restoraderm. Produk tersebut terdiri dari Skin Restoring Body Moisturiser yang mengandung Filaggrin dan Ceramide precursors serta Skin Restoring Body Wash dengan kandungan Filaggrin dan Miracare® technology. Kedua produk tersebut mampu mengembalikan serta mempertahankan integritas dan fungsi sawar kulit. Selain itu, produk ini juga efektif melembutkan kulit kering yang gatal, sekaligus memperbaiki kualitas hidup pasien. Gunakan kedua produk ini secara bersamaan untuk hasil yang lebih optimal dalam perawatan harian dermatitis atopik. Produk ini aman digunakan oleh semua pasien dermatitis atopik, termasuk bayi 3 bulan, balita, dan anak-anak.

Comments 46

  1. Yosephine

    Sy susah mencari produk yg menjadi solusi mslh kulit saya. Produk terakhir yg sy pakai adalah sebamed. Tetapi minim informasi ( by browsing ). Bisakah sy mendapat informasi yg lebih dr produk cetaphil ini ?
    Terimakasih

    Salam,
    Yosephine

    1. Post
      Author
  2. yuni

    Dear Doctors.

    saya sudah hampir 2 bulan wajah saya merah2 dan bintik2 kecil (ada juga bintik melenting yg isi seperti nasi atau cair). dokter bilang saya terkena dermatitis seboroik. sudah 1 bulan namun tidak ada perubahan yang signifikan, lalu saya pindah dokter kulit. dokter kulit yang baru mengatakan wajah saya terkena peradangan akibat penggunaan kosmetik yang tidak tepat. dianjurkan menggunakan sabun bayi. lalu saya dapat rekomendasi oleh teman saya dg menggunakan cetaphil restoraderm. sebelumnya saya menggunakan cetaphil gentle cleanser namun tidak terlalu ada perubahan juga. saya masih ragu dan takut untuk menggunakan cetaphil restoraderm body wash krn saya baca2 restoraderm khusus untuk kulit yang benar2 alergi saja. mohon solusinya. thankyou

    1. Post
      Author
      Cetaphil Indonesia

      Halo mbak Yuni,

      Untuk kondisi kulit seperti ini, kami menyarankan agar mbak Yuni berkonsultasi langsung ke dokter kulit mbak.
      Cetaphil Restoradem memang ditujukan untuk kondisi kulit yang mengalami dermatitis atopik, sedangkan untuk kondisi kulit yang mbak alami bisa menggunakan produk Dermacontrol yang dibuat khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat.

      Terima kasih,
      Salam
      Cetaphil Indonesia

  3. yuni

    apakah cetaphil restoraderm hanya untuk pasien dermatitis atopik? atau kasus seperti saya juga bisa? thanyou dok.

    1. Post
      Author
  4. Shata

    Hai

    Saya sudah 1 tahun mengalami lebam yang timbul tiba tiba di kaki serta menjadi luka, ketika saya periksa ke dokter, dokter mengatakan jika saya terkena penyakit dermatitis atopik dan harus memakai moisturizer tiap hari namun sudah 4bln lamanya saya berobat tidak ada perubahan sama sekali. Apakah dengan memakai cetaphil ini dapat menghilangkan lebam lebam saya di kaki?

    1. Post
      Author
      Cetaphil Indonesia

      Halo Shata,

      Untuk kondisi kamu seperti ini kami tetap menyarankan agar kamu berkonsultasi kepada dokter kulit kamu, produk kami memang aman untuk penyakit sensitif hanya saja yang mengetahui kulit kamu adalah orang yang lebih ahli untuk masalah kulit.

      Terima Kasih

    1. Post
      Author
  5. amira

    dok, saya sedang hamil 2 bulan.. kebetulan dermatitis atopik saya muncul lagi.apakah cethil restoraderm aman digunakan oleh ibu hamil? apakah produk ini tersedia di apotek?

    1. Post
      Author
  6. Sherly Ramayantie

    Dear doctor,
    Kalau cetaphil skin restoring body moisturizer ini bisa digunakan di wajah bayi yg kulitnya mengalami dermatitis atopik?

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  7. Tiya

    Dear CS Cetaphil

    Mohon info apakah Cetaphil Restoraderm bisa digunakan untuk pasien Dermatitis Seboroik?
    Apakah produk tersebut free – parabean?
    Terima kasih atas infonya

    1. Post
      Author
  8. Uanmc

    Bayi saya terkena dermatiks atopik dari badan sampai ke kepala juga, sudah kedokter kulit dan dapat obat minum, setelah itu bersih semua, namun karna berkeringat akhirnya muncul lg. Apakah saya bisa menggunakan produk ini? Apakah bisa untuk bayi isia 6 bulan?

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  9. indar_riyan

    apakah dermatitis itu tdk bisa sembuh?? sy sdh menderita dermatitis kulit kepala kurang lebih 5thn dan tdk kunjung sembuh…adakah solusinya..sy sdh mengunjungi beberapa dokter dan blm ada hasilnya

    1. Post
      Author
  10. devi

    Kulit saya sering sekali digigit nyamuk/serangga dan bekasnya lama sekali hilang. Kata dokter kulit saya cenderung sensitif. Bagaimana cara kerja cetaphil restoraderm dalam mengatasi kasus saya? karena dokter kulit menganjurkan mencoba lotion dan sabun ini.

    1. Post
      Author
  11. anni

    Ma’af saya mau nanya nih bapak/ ibu, saya sperti nya memilki penyakit kulit, soal nya apabila saya merasa kedinginan atau keringatan akan terasa gatal, dan apabila saya garuk akan muncul benjolan kemudian merah, kira2 kenapa yah bapak/ ibu

    Terima kasih

    1. Post
      Author
    2. indri

      dok anak saya umur 8 bulan , dikakinya dia banyak bintik bintik merah dan luka disela sela jarinya bersama ruam kemerahan .saya sudah 2x kedokter , kata dokter dia terkena alergi .

      apakah sabun chetapil ini bisa digunakan untuk penyakit seperti anak saya dok , mohon saran nya dok ..

      Terima Kasih

      1. Post
        Author
        Cetaphil Indonesia

        Halo Indri,

        Untuk masalah seperti ini sebaiknya kamu berkonsultasi kepada dokter kulit kamu, silahkan sarankan dokter untuk menggunakan produk Cetaphil Restoradem yang pembeliannya harus menggunakan resep dokter.

        Terima Kasih

  12. Resti

    telapak tangan hingga jari-jari saya sebelah kanan mengelupas, kering, pecah-pecah bahkan sidik jari saya pun tiba-tiba menghilang akibat eksim. itu sangat mengganggu aktivitas saya apalagi pada saat saya bersalaman dengan orang lain, malu rasanya. sudah hampir satu tahun saya merasakan ini. sudah ke berbagai dokter tapi tak kunjung sembuh.
    apakah ada rekomendasi agar mengembalikan kehalusan kulit telapak tangan saya seperti semula?
    terima kasih

    1. Post
      Author
  13. dila

    kulit wajah saya (dari pipi hingga dagu) memerah, menebal, ber-air, perih. terkadang kering dan mengelupas. Sangat sesuai dengan ciri2 dermatitis yang dokter jabarkan diatas. Hal ini terjadi tepat sehari setelah saya menggunakan masker wajah spirulina yang “katanya” herbal. Saya tidak tau apakah ini benar2 dermatitis kontak atau bukan. Padahal sebelumnya kulit wajah saya mulus2 saja dan selama 24 tahun hidup belum pernah punya keluhan kulit wajah yang serius. Jika iya, apa penanganan yang tepat untuk kulit wajah saya ? dan apakah dermatitis kontak (atau bukan) di wajah saya ini bisa sembuh seperti sebelumnya ?

    Terima kasih

    1. Post
      Author
      Cetaphil Indonesia

      Halo Dila,

      Untuk kulit dengan kondisi Dermatitis sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit kamu yah, untuk produk yang bisa kami rekomendasikan adalah produk Restoradem cocok untuk kulit yang sangat sensitif dan eczema sekaligus.
      Semoga bisa membantu.

      Terima Kasih

  14. wina

    Siang,
    Saya memiliki masalah di bagian tangan terutama jari.. jadi jari jari saya itu kering . bahkan terkadang kulitnya pecah-pecah hingga luka… dan sekarang saya tidak memiliki sidik jari karena terlalu sering mengelupas…. serta rasanya gatal … saya sudah berkali-kali kedokter dan diberikan krim. tapi setelah krim habis kulit saya kembali mengering.. nah dari produk cetaphil ini kira-kira produk apa yang bisa saya gunakan ?

    Trims

    1. Post
      Author
  15. widi

    Dok. Saya sulit mencari produk sesuai kulit saya. Banyak yg sudh saya coba tp mlh muka saya jd berjerawat,gatal,sama kusam terkhir saya pake produk kecantikn atas rekomendasi dokter kulit. Bukanya sembuh malh menimbulkn ketergantungan pd produk itu… kira” produk cetaphil mana yg dpt menghentikn ketergantungan kosmetik itu dok??

    1. Post
      Author
  16. Sally carmelia

    Saya mengalami iritasi gatal di bawah hidung, samping hidung, bawah bibir dan sela2 mulut. Terasa gatal dan kering sampai pada akhirnya agak hitam sekarang pada area tersebut. Saya mau mencoba produk cetaphil tetapi bingung pakai yg mana, tolong dibalas, terimakasih

    1. Post
      Author
      Cetaphil Indonesia

      Halo Sally,

      Untuk kondisi seperti ini harus menyesuaikan terlebih dahulu jenis kulit kamu seperti apa? Berminyak atau kering/normal. Kami menyarankan agar kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit kamu yah.

      Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *