Merawat Kulit Kering Mengelupas

Pernahkah kamu mengalami kulit mengelupas? Pengelupasan kulit adalah proses normal yang menandakan regenerasi pada kulit. Lapisan kulit teratas atau lapisan kulit epidermis terdiri dari sel-sel yang terbuat dari keratin. Ketika keratin mencapai lapisan kulit epidermis paling atas, keratin akan menua akibat terpapar cuaca dan lingkungan luar. Sel-sel kulit pun melepaskan diri dan mengelupas dari lapisan kulit epidermis untuk memunculkan sel kulit muda. Hal inilah yang disebut dengan proses regenerasi kulit.

Namun terkadang, kulit mengelupas diluar batas normal bisa menjadi tanda gangguan kesehatan kulit terutama jika diikuti dengan kondisi kulit kering bersisik atau muncul ruam. Kulit yang sehat akan terasa halus dan lembut, bukannya kering mengelupas.

Untuk merawat kulit kering ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

1. Mengganti produk perawatan kulit.
Pilih produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulitmu. Untuk menghindari kondisi kulit kering yang semakin parah, gunakan pembersih yang formulanya hypoallergenic, tanpa busa berlebih, dan tanpa tambahan pewangi. Gunakan pembersih yang cocok untuk kulit kering maupun pembersih untuk kulit sensitif seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

2. Melembapkan kulit secara teratur.
Lembapkan kulit dengan pelembap yang ringan dan tidak mengandung tambahan pewangi setiap hari setelah mandi. Ulangi selama beberapa waktu dalam sehari jika perlu. Pilih pelembap yang cocok untuk kulit kering seperti Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion atau Cetaphil Moisturizing Cream.

3. Melindungi kulit dari dampak negatif sinar ultraviolet.
Sering terpapar sinar matahari dapat mengganggu lapisan kulit dan menyebabkan kulit mengelupas. Lindungi kulit dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Gunakan Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50 yang cocok untuk semua jenis kulit untuk melindungi seluruh tubuh dari radiasi sinar UV A dan UV B.

4. Hindari menggaruk atau merobek kulit mengelupas.
Menggaruk kulit mengelupas dapat memperparah kondisi kulit dan dapat menyebabkan infeksi. Sebaiknya gunting bagian yang mengelupas lalu segera oleskan pelembap.

Jika kondisi kulit kering mengelupas semakin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *