Mengetahui Radiasi Sinar UV

Istilah sinar UV masih belum banyak diberitakan dengan benar, rata-rata menghububungkannya dengan kerusakan kulit. Padahal radiasi sinar UV (Ultraviolet) adalah salah satu sumber yang Vitamin D terbaik dan dapat diandalkan. Walaupun demikian, terlalu banyak terkena paparan radiasi sinar UV juga memiliki resiko dan bahaya, yaitu:

  1. Kanker kulit
  2. Sunburn (terbakar matahari)
  3. Kerusakan mata akibat sinar UV
  4. Penuaan dini pada kulit
  5. Photosensitivity (sensitif terhadap cahaya)

Jenis Radiasi Sinar UV

Radiasi sinar UV dibagi menjadi 3 kategori:

  • Sinar UVA yang dapat menembus hingga ke dalam kulit, mempercepat penuaan sel kulit, dan merusak sel-sel DNA kulit. Sinar UVA erat hubungannya dengan kerusakan kulit jangka panjang seperti kerutan dan dapat menyebabkan kanker kulit.
  • Sinar UVB adalah penyebab utama terjadinya sunburn. Sinar ini juga dapat merusak langsung sel-sel DNA kulit. Sinar ini juga merupakan penyebab terjadinya kanker kulit.
  • Sinar UVC terhalang oleh lapisan ozone sehingga biasanya tidak mencapai ke permukaan bumi.

blog_body_a2-1024x576

Melindungi dari Paparan Sinar UV

Hampir tidak mungkin dan sangat tidak praktis untuk menghindari paparan radiasi sinar UV di setiap kesempatan dan tempat. Walaupun demikian, ada beberapa cara untuk memastikan agar kulit tetap terlindung dari efek berbahaya sinar UV.

  • Sunscreen – Gunakan sunscreen yang memiliki perlindungan sinar UV untuk mencegah radiasi sinar ultraviolet menyentuh kulit.
  • Pakaian – Berpakaian dengan benar adalah cara yang efektif untuk melindungi dan menutupi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan.
  • Kacamata hitam – Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV.
  • Waktu – Sangat dianjurkan untuk mengurangi kegiatan yang bisa terkena paparan sinar UV paling kuat yaitu di antara jam 10 pagi hingga 4 sore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *