Mengenali Jenis Kulit

Mengenali jenis kulit dapat membantumu memilih produk yang tepat untuk merawat kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui apa jenis kulitmu.

1. Tes dengan cermin.


Bersihkan wajahmu sebelum tidur, lalu saat bangun tidur tempelkan seluruh bagian wajah ke cermin. Lihat daerah apa saja yang menempel pada cermin.

Kulit berminyak akan tampak dari banyaknya minyak yang ada di cermin. Jika tidak ada minyak di cermin, bisa jadi itu tandanya kulit kering atau sensitif. Sedangkan kulit kombinasi hanya tampak minyak di area T (dahi-hidung) saja.

2. Perhatikan pori-pori kulit.


Pori-pori yang terlihat besar dengan permukaan wajah seperti kulit jeruk menandakan kulit berminyak. Pori-pori yang kecil atau bahkan tidak terlihat menandakan kulit kering atau sensitif. Jika pori-pori kulit hanya tampak jelas di area T, itu artinya kulit kombinasi.

3. Tes dengan jari.


Bersihkan wajah di pagi hari, lalu sentuh wajahmu di siang hari. Jika terasa berminyak atau kenyal, jenis kulitmu adalah berminyak. Kulit kering akan terasa kasar. Kulit kombinasi akan terasa kenyal atau berminyak di area T saja dan kasar di area pipi. Kulit sensitif dapat terasa kasar dan dapat juga terlihat reaksi iritasi atau kemerahan.

4. Tes dengan kertas minyak.


Bersihkan wajah sebelum tidur, lalu tempelkan kertas minyak saat bangun. Kertas akan menyerap minyak dari seluruh wajah, jika kulitmu berminyak. Kulit kering tidak akan tampak minyak yang menempel di kertas. Kulit kombinasi hanya di area T saja, sedangkan kulit sensitif bisa jadi tidak ada minyak yang menempel.

Cara merawat wajah selanjutnya agar tetap lembap dan sehat adalah membersihkannya dengan produk yang sesuai jenis kulitmu.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser tak hanya cocok untuk kulit sensitif tetapi juga bisa digunakan sebagai pembersih kulit kering, pembersih wajah untuk kulit kombinasi, serta pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat. Cetaphil Oily Skin Cleanser cocok digunakan sebagai pembersih untuk kulit berminyak.

Setelah membersihkan wajah, langkah berikutnya adalah melembapkan dan melindungi wajahmu. Sama seperti memilih pembersih wajah untuk kulit berminyak dan sensitif, kamu juga harus memilih pelembap dan pelindung yang sesuai dengan jenis kulitmu. Begitu pula dengan jenis kulit lainnya.

Cek di sini untuk memilih produk Cetaphil yang cocok untuk jenis kulitmu. Selamat merawat kulit dengan baik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *