Kulit kering itu sebenarnya bagaimana ya?

Kulit kering (dalam istilah medis disebut xerosis) dapat menimbulkan berbagai macam kerusakan, mulai dari virus dan kondisi kesehatan yang buruk hingga iritasi, alergi, dan penuaan kulit.

Kadang-kadang, kulit kering tidak disebabkan faktor dari luar.

blog_body

Kulit kering memiliki berbagai istilah dan jenis:

  • Asteatosis terjadi akibat kelenjar sebaceous, yang mengeluarkan minyak alami kulit, mengalami penurunan daya kerja. Istilah ini digunakan hampir bergantian dengan xerosis yang terjadi pada kulit kering yang dialami oleh orang yang telah berumur.
  • Xerosis musiman (gatal saat udara dingin) biasanya mengakibatkan gatal tanpa ada ruam. Kondisi ini terjadi pada saat udara dingin atau tingkat kelembaban yang rendah.
  • Eczema adalah tipe iritasi kulit yang berkisar dari kondisi sedang hingga kronis dan parah. Gejala utamanya adalah bercak kering, kulit bersisik. Kecendrungan untuk menderita eksim atau eczema bisa diwariskan.
  • Dermatitis adalah istilah yang digunakan bergantian dengan eczema dan xerosis untuk menjelaskan iritasi kulit. Istilah ini juga dapat merujuk pada masalah kulit yang menyebabkan peradangan.
  • Ichthyosis adalah kelainan genetik yang dapat terjadi dalam satu tahun umur seorang anak. Ciri-cirinya adalah kulit yang kering, terjadi penebalan, dan bersisik.

Jika Anda mengalami kulit kering, segera kenali jenisnya dan temukan penyebabnya. Ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan pencegahan, pengobatan, dan solusi perawatan kulit yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *